Loading...

Usia Kehamilan Menginjak 1 Bulan

Usia kehamilan pada bulan pertama adalah sebuah masa di mana calon ibu biasanya belum mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Pada usia ke...


Usia kehamilan pada bulan pertama adalah sebuah masa di mana calon ibu biasanya belum mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Pada usia kehamilan bulan pertama ini, akan terjadi pendarahan yang biasanya disalahartikan sebagai darah menstruasi. Padahal, pendarahan ini merupakan dampak dari proses implantasi sel telur pada dinding rahim. Setelah terjadi implantasi, hormon HCG akan terlepas. Selain itu, tulang belakang, tulang iga, tulang ekor dan sistem syaraf pusat akan mulai terbentuk. Nah, apa saja tips bagi para calon ibu yang memasuki usia kehamilan 1 bulan?

1. Mulai Mengonsumsi Asam Folat

Anda tentunya sudah mengetahui khasiat dari asam folat, bukan? Asam folat sangat penting perannya untuk kehamilan, baik sebelum, selama serta sesudah kehamilan. Asam folat adalah zat yang sangat baik bagi perkembangan janin, pertumbuhan otaknya, serta mengurangi resiko kelainan pada otak calon bayi. Asam folat pun dapat menurunkan resiko terjadinya keguguran pada ibu hamil. Maka dari itu, jika Anda sudah menginjak usia kehamilan 1 bulan, Anda dianjurkan untuk mulai mengonsumsi asam folat, minimal 0,4 miligram setiap harinya. Asam folat tak hanya dapat Anda peroleh dari susu kehamilan saja, melainkan juga dari beberapa sayur dan buah segar. Salah satunya adalah jeruk.

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Anda tentunya menginginkan anak yang nantinya memiliki kondisi tubuh yang sehat dan kuat, bukan? Itu semua akan bersumber dari ibu yang mengandungnya selama 9 bulan di dalam rahim. Nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu nantinya juga akan diberikan pada calon bayi, sehingga menjadi cikal bakal terbentuknya tubuh yang sehat dan kuat. Nah, tentunya hal ini harus menjadi bahan introspeksi bagi Anda agar mulai picky atau pilih-pilih dalam soal makanan. Pilihlah makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi baik bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan dan perkembangan janin Anda. Masukkan juga sayuran dan buah-buahan segar ke dalam menu makan harian Anda sebagai snack atau pencuci mulut.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan Terlalu Banyak

Tips berikutnya untuk Anda yang baru menginjak usia kehamilan 1 bulan adalah menghindari porsi makan yang berlebihan. Well, pastinya ada banyak sekali anggapan tentang porsi makan ibu hamil yang harus bertambah dua kali lipat, karena kini ada janin yang harus diberikan nutrisi ekstra. Namun anggapan ini sebenarnya salah, lho. Ibu yang sedang hamil hanya membutuhkan tambahan 300 kalori per harinya, sebagai nutrisi ekstra untuk perkembangan janinnya. Jadi, Anda tak perlu menambah porsi makan Anda menjadi dua kali lipat. Makan berlebihan justru dapat membuat Anda mual dan kelebihan berat badan, sehingga dapat menyulitkan Anda di kemudian hari.

4. Mulai Olahraga

Nah, selain mulai mengonsumsi makanan yang bergizi, Anda pun wajib memulai kegiatan bermanfaat lainnya yakni olahraga. Olahraga sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, karena nantinya Anda akan menopang berat calon bayi Anda selama 9 bulan lamanya. Selain itu, ibu hamil biasanya terserang pegal-pegal dan kaku badan, karena jarang berolahraga. Jadi, agar Anda tak sulit di kemudian hari, mulailah berolahraga saat kehamilan Anda masih menginjak 1 bulan. Konsultasikan dengan dokter kandungan tentang jenis olahraga yang tepat bagi Anda yang sedang hamil, berikut dengan frekuensi olahraga yang tepat.

5. Konsultasi ke Dokter

Langkah terakhir ini sangat bijak dan tepat jika Anda lakukan pada bulan pertama kehamilan Anda. Mengapa? Karena Anda dapat bertanya tentang semua hal yang sudah Anda rasakan dan akan Anda rasakan setelah berbulan-bulan hamil. Anda pun dapat mengonsultasikan tentang keluhan yang Anda rasakan selama ini, juga tentang penjelasan di baliknya. Anda juga dapat bertanya tentang hal-hal yang harus Anda lakukan dimulai dari kehamilan pada bulan pertama, termasuk langkah menabung untuk biaya melahirkan Anda nantinya!
Usia Kehamilan 2031815812371818635

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts